Fitur pengaturan SEO baru untuk Blogger yang Baru

Posted by blas 0 komentar
Fitur pengaturan SEO baru untuk Blogger yang Baru -- Ini merupakan sebuah terobosan yang luar biasa walau terkesan telat! Blogger akhirnya memperkenalkan fitur SEO yang paling diharapkan oleh blog yang berplatform Blogger (blogspot). Sepertinya team Blogger sedang mencoba segala macam cara terbaik untuk mendekatkan persaingan dengan platform wordpress, kompetitor terbesarnya dalam dunia blogger.

Seperti yang kita ketahui bersama, Blogger sangat tertinggal dalam hal Search Engine Optimation (SEO) dibandingkan dengan wordpress yang memberikan kebebasan penuh pengguna dalam bentuk plugin-plugin SEO yang sakti mendongkrak pengunjung. Blogger kurang teroptimasi dan sangat terbatas dalam perkara yang satu ini, tetapi dengan diumumkannya penggunaan Meta Description untuk setiap postingan, custom redirection untuk link tujuan yang hilang, nofollow attribut, halaman 404 error, custom robot.txt dan fitur robot header tags membuat harapan para blogger untuk terus mempergunakan platform ini semakin cerah.

Apa Saja Fitur SEO baru blog berplatform Blogger?

Enam pilihan penting SEO telah ditambahkan kedalam draft Blogger, diantaranya:
  1.     Meta Tags for Homepage and Sub-pages
  2.     404 Error Page
  3.     Custom Redirects for broken links
  4.     Custom Robots.txt         For Advanced users
  5.     Custom robots header tags     For Advanced users
  6.     Nofollow attribute for post Editor links
Peringatan: Dari enam fitur baru Blogger ini ada dua fitur yang berpengaruh langsung terhadap kinerja crawling dan pengindeksan bot Google Search dan karena itu dia dibatasi untuk pengguna berpengalaman. Saya sangat sarankan pada anda agar jangan mencoba-coba atau melakukan perubahan melalui fitur-fitur baru tersebut tanpa mengetahui bagaimana fungsi dan pengaruhnya pada blog anda, saya sarankan dua fitur yang saya tandai dibiarkan apa adanya (default).

Untuk mengatur setting fitur SEO yang baru adalah sebagai berikut:

  1.     Buka draft.blogger.com
  2.     Pilih menu Settings > Search preferences
Sekarang, disini anda akan melihat tiga bagian pengaturan yang akan saya bahas satu persatu dalam postingan saya.

Meta Tags


Kata META disini mengacu pada Meta Description. Bagi yang belum mengetahui, meta description adalah suatu kalimat yang menggambarkan segala hal tentang blog anda yang akan muncul di deskripsi hasil pencarian  results page it looks like this:

Meta description untuk homepage


Sebelumnya anda mungkin sudah  memasukkan deskripsi umum untuk halaman utama blog, tetapi sekarang dalam tutorial meta descriptoion ini kita akan memasukkannya lewat halaman fitur baru Blogger. Apa bedanya? dengan mengaktifkan fitur ini makan pilihan meta description pada saat anda menulis sebuah post akan aktif, lalu anda bisa membuat deskripsi untuk setiap postingan yang anda buat di post editor. Begini cara aktivasi fitur meta description by pos:

  •     Klik link Edit
  •     Pilih "Enable Search Description?"
  •     Dalam kotak masukkan deskripsi blog anda maksimal 150 karakter.
Meta description untuk homepage

Meta description untuk homepage

Catatan: Anda harus memasukkan deskripsi yang sama dengan deskripsi yang anda buat dengan cara manual dalam template anda.

  •     Klick Save changes

    Jika deskripsi yang anda buat dalam langkah ke 3 tidak berhasil muncul (gunakan fasilitas view source di browser anda untuk mengecek meta description), artinya kita harus memasukkan kode/script untuk memanggil deskripsi blog kedalam template anda. Buka Design > Edit HTML dan paste kan kode meta description dibawah ini setelah kode <HEAD> :



<b:if cond='data:blog.metaDescription != &quot;&quot;'> <meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/> </b:if>

  • Simpan template anda dan anda berhasil!

Meta description untuk postingan

Meta description untuk postingan

Meta description untuk postingan

Sekarang buka post editor Blogger anda dan lihatlah, sebuah opsi baru tersedia untuk memasukkan meta description secara manual kedalam postingan.

 Untuk merasakan hasil yang signifikan dengan cara ini, biasakn menulis sebaris kalimat deskripsi tentang postingan anda untuk setiap postingan yang anda terbitkan. Deskripsi terbaik sebaiknya tidak lebih dari 150 karakter atau 15 kalimat ber-kata kunci. Dengan melakukan hal ini setiap kali terbit, maka setiap postingan anda akan memiliki variasi deskripsi berbeda, terlihat bersih oleh mesin pencari, dan tentunya akan lebih bisa menarik pengungjung untuk mengunjungi link anda karena kata-kata yang anda tulisakan pada deskripsi  postingan. Selain hal diatas, deskripsi yang bagus akan membantu anda memperoleh tampilan ringkasan postingan yang bagus ketika link anda disharing di Facebook atau Google Plus.




Selamat mencoba, nantikan tutorial selanjutnya untuk membuka fitur baru lainnya.

Sumber
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Fitur pengaturan SEO baru untuk Blogger yang Baru
Ditulis oleh blas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tempat-cari-jodoh.blogspot.com/2012/05/fitur-pengaturan-seo-baru-untuk-blogger.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of tempat cari jodoh. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.