Musafir, Lebih Baik Berbuka atau Tetap Berpuasa ?

Posted by blas 0 komentar
Apa yang lebih utama bagi musafir, berbuka atau terus berpuasa ? Selama ini, perjalanan jauh bisa menggunakan pesawat atau kereta cepat sehingga tidak terlalu lelah. Apakah dianjurkan berbuka puasa atau puasa saja ?




Musafir ( orang yang bepergian ) diberi keringanan untuk tidak berpuasa ( lihat QS al-Baqarah 2 : 184 ). Dalam ayat tersebut tidak dijelaskan apakah perjalanan itu melelahkan atau tidak. Pokoknya musafir boleh tidak berpuasa. Apabila Anda merasa tidak lelah dan yakin kuat untuk berpuasa karena terbantu dengan teknologi transportasi yang semakin modern, mempertahankan puasa itu lebih baik.

Tetapi, kalau Anda memaksakan diri sampai sakit, berarti Anda tidak berterima kasih atas kemudahan yang Allah berikan. Rasulullah SAW bersabda, “Rukhshah ( keringanan ) itu merupakan sedekah Allah, maka ambillah sedekah Allah itu.” ( HR Muslim ). Jadi, yang paling baik itu tidak berpuasa kalau perjalanannya sangat melelahkan. Namun, kalau tidak melelahkan, akan lebih baik kalau Anda tetap berpuasa. Wallahu a’lam ■
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Musafir, Lebih Baik Berbuka atau Tetap Berpuasa ?
Ditulis oleh blas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tempat-cari-jodoh.blogspot.com/2012/07/musafir-lebih-baik-berbuka-atau-tetap.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of tempat cari jodoh. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.