Obesitas Dipicu Oleh Mutasi Gen

Posted by blas 0 komentar
Banyak yang meduga obesitas yang biasanya disertai dengan diabetes tipe 2 disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang salah. Namun, ternyata obesitas juga bisa terjadi karena adanya mutasi gen.

Diungkapkan oleh Profesor Merlin Crossley dari Universitas New South Walles, mutasi gen kerap terjadi pada manusia dan menyebabkan beberapa penyakit seperti talasemia, hemofilia, obesitas dan diabetes.

"Kita semua mutan. Tapi, mutasi gen yang terjadi antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda tergantung dari ekspersi gen-nya masing-masing," ujarnya saat ditemui VIVAlife seusai seminar Modulating Gene Expression in Genetic Disease, di Kedutaan Besar Australia, 30Mei 2012.

Menurutnya, ada fenomena unik yang terjadi dalam perjalanan kehidupan manusia. Hal ini pun menjadi pertanyaan mendasar penelitian yang dilakukannya. "Tidak jelas alasan kenapa orang bertambah berat seiring bertambahnya usia." sambungnya.

Dalam penelitiannya, ia menemukan mutasi gen yang disebut dengan KLF3 pada tikus percobaan. KLF3 bertanggung jawab pada pengaturan obesitas.

Mutasi gen KLF3 ditemukan pada tikus percobaan yang kurus dengan kadar lemak yang rendah. "Anehnya, ketika tikus percobaan diberi makan, sel lemak menggandakan diri. Sedangkan, saat berdiet, sel lemak menyusut tetapi mutasi gen tetap ada. Ini bisa saja penyebab yoyo effect," ungkapnya.

Menurutnya, gaya hidup yang salah tidak secara signifikan menyebabkan mutasi gen. "Secara keseluruhan gaya hidup yang salah merusak tubuh, tetapi tidak secara signifikan menyebabkan mutasi gen."

Meski demikian, "merokok salah satu gaya hidup yang dapat merusak DNA kita."

Mutasi gen disebabkan energi aktif yang ada di lingkungan sekitar. "DNA kita seperti zat kimia dan akan bereaksi terhadap energi aktif, seperti cahaya matahari," ujarnya.

Karena itulah, ia mengatakan kalau mutasi gen bisa terjadi pada siapa saja, meski orang tersebut memiliki pola hidup yang sehat.

Meski demikian, penelitian ini masih merupakan tahapan awal dan masih harus diteliti lebih dalam. "Kita masih mencari tahu gen apa yang benar-benar bertanggung jawab atas kemungkinan mutasi gen bisa meyebabkan obesitas."

"Jika asumsi ini benar, semoga saja penelitian ini bisa menjadi rujukan untuk mengatasi obesitas.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Obesitas Dipicu Oleh Mutasi Gen
Ditulis oleh blas
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tempat-cari-jodoh.blogspot.com/2012/05/obesitas-dipicu-oleh-mutasi-gen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of tempat cari jodoh. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.